Komputer Grafik : CHAPTER 05 - Geometri dan Animasi


 GEOMETRI

Bidang geometri mempelajari representasi objek tiga-dimensi dalam pengaturan digital diskrit. Karena tampilan objek sebagian besar bergantung pada bagian luarnya, representasi tepi banyak digunakan. Permukaan dua dimensi adalah representasi yang baik bagi sebagian besar objek. Secara singkat geometri yaitu mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang.


Macam-Macam Geometri

> Bangun Datar : bujur sangka, segitiga,persegi panjang, lingkar

> Bangun Ruang : balok , kubus , prisma,limas



ANIMASI



Animasi komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui penggunaan computer. Animasi yang dulunya mempunyai prinsip yang sederhana, sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis, yaitu: Animasi 2D, dan Animasi 3D. 

Perbedaan dari animasi 2D dan 3D visual adalah dilihat dari sudut pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y, sedangkan animasi 3D visual menggunakan koordinat x, y dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata. Beberapa contoh bentuk animasi 2D Misalnya :Detective Conan, Doraemon, Tintin dsb. Sedangkan contoh animasi 3 D yang pernah kita lihat Misalnya : Finding Nemo, Wall E, Ratatouille dsb. Secara singkat animasi adalah mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan.


Fungsi Animasi

 Adapun beberapa fungsi animasi menurut Munir (2015:319), adalah sebagai berikut:

  1.Menarik perhatian dengan adanya pergerakan dan suara yang selaras.

  2.Memperindah tampilan presentasi 

  3.Mempermudah susuan presentasi.

  4.Mempermudah penggambaran dalam suatu materi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar